Siapa Sih Uskup Byzantium? Udh Pada Tahu Belum?  Kalo udh Tau Tak usah Dibaca hehe *(Canda admin)  , Ya menurut Admin Kalian Pasti Belum Pad...

Keuskupan Byzantium / Patriark Oikumenis Konstantinopel

Siapa Sih Uskup Byzantium? Udh Pada Tahu Belum?  Kalo udh Tau Tak usah Dibaca hehe *(Canda admin)  , Ya menurut Admin Kalian Pasti Belum Pada Tahukan?  Siapa itu Uskup Byzantium? Dan Juga Byzantium itu Icon Ortodoks loh teman teman, Selain icon ortodoks. Keuskupan Byzantium juga memiliki liturgi Pakaian Yang sangat unik dan Mencolok Loh Teman Teman, Ayo kita telusuri. 


Keuskupan Byzantium

Keuskupan Byzantium


Patriark Oikumenis Konstantinopel (bahasa Yunani: Η Αυτού Θειοτάτη Παναγιότης, ο Αρχιεπίσκοπος Κωνσταντινουπόλεως, Νέας Ρώμης και Οικουμενικός Πατριάρχης, harfiah: "Yang Termulia, Tersuci, Uskup Agung Konstantinopel, Roma Baru, dan Patriark Oikumenis") adalah Uskup Agung Konstantinopel, Roma Baru, yang dihormati sebagai primus inter pares dalam persekutuan Gereja Ortodoks Timur, yakni Gereja yang diyakini warganya sebagai Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik. Secara historis dia dikenal dengan sebutan Patriark Konstantinopel Yunani, berbeda dengan Patriark Konstantinopel Armenia. Patriark Oikumenis Konstantinopel saat ini adalah Bartolomeus I dari Konstantinopel. Gelarnya tidak diakui oleh pemerintah Turki, yang hanya mengakuinya sebagai pemimpin spiritual kaum minoritas Yunani di Turki, dan menyebut dia hanya sebagai Patriark Ortodoks Yunani Phanar (Bahasa Turki: Fener Rum Patriği).


Dalam kapasitas tersebut dia adalah tokoh pertama yang dihormati oleh seluruh uskup Ortodoks, mengepalai segala konsili para primat dan/atau uskup Ortodoks baik secara pribadi maupun melalui delegasi di mana dia ikut serta dan berperan sebagai pembicara utama bagi Komuni Ortodoks, teristimewa dalam kontak-kontak oikumenis dengan denominasi-denominasi Kristiani lainnya. Dia tidak memiliki yurisdiksi langsung baik atas para patriark lain maupun Gereja-Gereja Ortodoks otokefalus, tetapi dia, di antara rekan-rekannya sesama primat, adalah satu-satunya yang berhak menghimpun sinode-sinode luar-biasa yang beranggotakan para rekan primatnya dan/atau para delegasi mereka untuk membahas situasi-situasi ad hoc dan telah pula menghimpun sinode-sinode Pan-Ortodoks yang padat-hadirin itu dalam empat dasawarsa terakhir.

Selain menjadi pemimpin spiritual dari 300 juta umat Kristen Ortodoks sedunia, dia adalah superior administratif langsung dari keuskupan-keuskupan dan keuskupan-keuskupan agung yang melayani jutaan umat Ortodoks Yunani, Ukraina, Karpato-Russia, dan Albania di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa Barat (di mana sebagian besar umatnya adalah orang-orang Yunani, Slavia dan diaspora Balkan lainnya), Australia dan Selandia Baru, Hong Kong, Asia Tenggara, Korea dan daerah-daerah tertentu di negara Yunani.

Kedudukan aktualnya adalah Patriark dari Gereja Ortodoks Konstantinopel, salah satu dari empat belas Gereja otokefalus dan dua Gereja otonom, serta yang tersenior (namun bukan yang tertua) dari empat tahta primasi kuno Ortodoks di antara lima pusat patriarki Kristiani yang merupakan Pentarki dari Gereja pra-skisma. Dalam perannya sebagai kepala Gereja Ortodoks di Konstantinopel, dia juga memegang gelar Uskup Agung Konstantinopel, Roma Baru.

Patriark Konstantinopel bukanlah Patriark Konstantinopel Latin, yakni suatu jabatan yang kini lowong, dan dibentuk setelah penaklukan Konstantinopel oleh kaum latin pada tahun 1204, dalam Perang Salib IV dan kini efektif tidak berfungsi lagi setelah kota itu direbut kembali oleh bangsa Yunani Byzantium, setengah abad sesudahnya. Dengan demikian dia juga dikenal di luar Ortodoksi sebagai Patriark Konstantinopel Yunani. Gelar resminya adalah "Yang Tersaleh, Tersuci, Uskup Agung Konstantinopel, Roma Baru, dan Patriark Oikumenis".


Pakaian Liturgi Keuskupan Byanzantiun

Oke sebelum kita bahas Pakaian Liturgi Keuskupan Byzantium,Admin mau Buat ask and answer Tentang Pakaian Liturgi Keuskupan Byzantium biar Kamu Paham kenapa Kita Bahas Pakaian Byzantium ini. 

Pertanyaan: Mengapa untuk hierarki Gereja Katolik Ukraina Dan beberapa Gereja Katolik Bizantinus yang berasal dari tradisi Slavik Eropa Timur lebih banyak dari Omophorion (Busan liturgi berupa selempang menantang Jabatan seorang Uskup) Kutub putih dengan  beberapa bar / bar nampak berbeda Yang cenderung penuh dengan Omophorion untuk Uskup Gereja Timur Boxing ornamen? 


Jawaban : Omophorion Putih dengan poles bar sendiri merupakan agency yang menerapkan gaya busana liturgi Yang cukup memiliki dasar tradisi yang digambarkan Pula dalam ikonografia Timur.  Gereja di Gereja Slavik, khususnya Kievan - Rus, omophorion Putih poles telah menjadi kebiasaan Uskup - Uskup Dan kemudian tradisi yang tidak adil Umum diteruskan hingga kini oleh Uskup Uskup Gereja Katolik Ukraina Dan beberapa Gereja Katolik Timur Boxing Yang menggunakan tradisi Slavik.  Mengenai jumlah bar yang berbeda (dimana dalam ikonografia hanya terdapat maksimal Tiga bar sementara dalam pemakaian dapat lebih dimana 3 bar untuk Uskup, 4 bar untuk Uskup Agung Metropolitan, 5 bar untuk Patriark) merupakan Penambahan tradisi dewa kemudian Hari Yang terinspirasi menjadi Jabatan kepangkatan juga sejak  berat Yunani Kuno.


Okey Langsung Kita Bahas Pakaian Liturgi Byzantium Uskup. 


1. Stikharion 
Stikharion merupakan putih dalam Gereja Timur, Stikharion melambangkan pembaptisan yang telah diterima oleh mempersiapkan Klerus.

Stikharion


 2. Epitrakelion 
Epitrakelion merupakan stole dalam Gereja Timur, Epitrakelion melambangkan pelayan altar Tuhan Yang siap melayani setiap Saat.  
Epitrakelion




3. Epimanikia 
Epimanikia adalah busana liturgi Yang digunakan pdda kedua pergelangan lengan, Epimanikia melambangkan kekuatan allah menyertai Tangan Yang - tangan pelayan - nya. 

Epimanikia


 4. ZONE 
ZONE merupakan busana liturgi Yang digunakan pdda pinggang mengikat Epitrakelion, Zone melambangkan Ikatan kasih Roh Kudus oleh sekalian pelayan - Nya 

Zone



5. epigonation 
epigonation merupakan busana liturgi Yang berbentuk tangga, epigonation umumnya dikenakan dewa Paha Kanan (sebenarnya dear pakainya seperti bersikeras selempang)  , epigonation melambangkan Kehormatan Imamat Dan sides sebagai mengalir Ilahi Yang melindungi pelayan - nya.  

Epigonation


6. Sakka 
Sakka merupakan pakaian Luar seorang Uskup ritus Bizantium Sakka melambangkan kehormatan imamat Yang bagaikan kehormatan kaisar (Karen Sakka diadopsi menjadi pakaian kaisar sebagaj jubah Kasule atah penjahat).  

Sakka



7.Omoforion
Omoforion merupakan pakaian liturgi berbentuk seperti selendang Yang digunakan pdda Lehee, Omoforion sendiri berfungsi sebagai tanda bahwa seseorang yang mengerikan itu adalah Uskup, omoforion terkurung ada dua jenis yakni PANJANG Dan Pendek. 
 
Omoforion



Oke Sekian Dari Admin Membahas Gereja Byzantium,Mungkin Artikel Kali Ini sedikit Tapi Kalimat Nya sulit Dicerna, Jadi bacaNy Diulang Ulang Ya biar Paham, kalo ada yg kurang paham silahkan Coment Dibawah. 

Sampai jumpa di Artikel Yang lain:3

0 komentar: